Cara Menggunakan BTS di Bangkok

Tutorial menggunakan BTS bangkok (transportasi Bangkok)



Bagi sobat yang masih bingung nanti mau jalan-jalan pakai apa di Bangkok (Thailand), terus bagaimana cara menggunakan nya. Kita akan mereview tentang BTS dan cara menggunakannya.



Sekilas BTS 

BTS adalah jenis kereta melayang di udara, hampir sama seperti busway, hanya saja dia memiliki jalur sendiri menggantung di atas jalan raya. BTS ini dilengkapi ac, LCD TV (isinya iklan) terus ada petunjuk berupa suara dari operator nya dengan memberitahu destinasi atau tujuan berikutnya beserta waktu tempuhnya, sehingga kita tidak perlu takut kelewatan ataupun tersesat. BTS ini interior nya sangat cantik dan terawat serta didominasi warna kuning. BTS ini sangat nyaman dan melaju dengan sangat cepat, sehingga sangat menghemat waktu perjalanan sobat dan liburan pun makin nikmat.
penampakan dari bts dan mrt di bangkok


Suasana dalam BTS ( transportasi Bangkok)


Cara membeli tiket BTS
Pertama kali sobat lihat di google maps, dimana posisi BTS berada, simbolnya akan kelihatan, lalu kita berjalan menuju stasiun yang terdekat dengan hotel kita. Kita ambil contoh bts siam, lalu saat kita naik ke stasiun BTS maka akan ada loket penjaga, mesin koin Dan portal ( pintu masuk ke tempat ruang tunggu BTS, seperti di mall). Jadi kita beli dulu tiketnya, bagaimana caranya? Pertama yang kita butuhkan adalah koin. Bila sobat tidak punya koin maka tukarkan lah di loket penjaga, mereka akan memberikan kita pecahan uang baht berupa uang logam, pertama saya juga bingung, saya kira loket itu untuk beli tiket, ternyata loket itu hanya untuk tempat penukaran uang kertas jadi uang koin saja, cuma itu saja fungsinya, saya tanya-Tanya dalam bahasa inggris, sepertinya mereka kurang paham, jadilah kami akhirnya berbahasa tarzan, saya bilang mau beli tiket eh mereka malah menukar uang saya jadi uang koin, pertama Kali pasti bingung lah coi,haha. Lalu sobat liat di PETA yang ada di dekat mesin, tujuan mana yang akan di capai, lalu tekan tombolnya Dan masukkan koin sebesar angkanya. Misalnya kita masukkan uang koin sebesar 10 baht 4 keping ( total 40 baht) lalu angka yang kita tekan adalah angka 35, maka mesin akan mengeluarkan kembaliannya sebesar 5 baht dari lubang kecil di bawah. Lalu akan keluar berupa kartu seperti ATM ( hanya saja yang ini lebih tipis) dari slot di mesin itu dan akhirnya kita bisa membeli tiket dan menggunakannya di BTS bangkok. Ingat kartu ini jangan sampai hilang karena digunakan untuk masuk Dan keluar stasiun. Kemarin teman Backpacker saya pernah kehilangan kartunya di BTS tujuan, alhasil kami disuruh membayar denda sekitar 3x lipat dari harga tujuan rute awal. 
Kita hanya bisa keluar di tujuan kita, BTS akan berhenti di setiap stasiun, namun kita tidak bisa keluar karena kartu kita tidak akan berfungsi bila bukan digunakan di tempat tujuan.

tempat pembeliat tiket BTS
Tempat penukaran koin (BTS )


peta dan map bts
Map dan Mesin pembeli tiket BTS ( tansportasi Bangkok )


Cara membaca Map BTS
Peta bts bisa dilihat di kartu ( tiket bts ), dan bisa juga di dekat mesin tiket, namun kalau melihat biaya bisa di peta yang dekat mesin. Bts ini terhubung dengan MRT, airport rail link, bus Dan kapal ferry ( express boat). Di beberapa tujuan seperti BTS silom, BTS dan MRT berada dalam satu stasiun, tapi tidak semuanya seperti itu, contohnya kalo mau ke pelabuhan sathorn pier, ya kita harus turun dulu di BTS Saphan Taksin lewat eskalator, di depan nya sekitar 20 meter sudah sampai di dermaga pelabuhan kapal ferry ( sathorn Pier ), lain halnya dengan BTS silom, begitu kita sampai di BTS silom, maka akan ada petunjuk arah melalui esklator ke bawah menuju MRT, jadi di BTS ini MRT Dan BTS satu terminal dan tidak perlu keluar. Tapi hanya sebagian kecil saja yang tergabung dalam satu gedung.

Lalu bagaimana cara membaca simbol yang ada dalam rute BTS ini ( peta BTS yang di Mesin) :
1 angka dalam lingkaran yang nampak itu menandakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan( dalam baht)
Contoh : kita berada di asok ( warna kuning no 15 menuju BTS chit lom 25 baht, artinya kita dikenai biaya 25 baht ).
2 simbol bulat kuning adalah dimana posisi kita berada sekarang ( contoh : di gambar ada di posisi BTS asok )
3 simbol panah kanan kiri menunjukkan kita bisa berpindah Dari BTS silom ke BTS sukumvhit dan sebaliknya ( BTS Siam )
4 warna hijau muda menunjukkan BTS Silom ( BTS Silom ini hanya sebutan mereka saja ) dengan rute mochit ( BTS mochit tempat naik bus tujuan ke bandara Don Mueang)
5 warna hijau tua menunjukkan BTS dengan rute sukumvhit ( begitu juga dengan nama sukumvhit )
6 BTS dengan simbol huruf M adalah tempat kita pindah BTS Menuju kereta bawah tanah ( MRT ) dan juga sebaliknya, sementara untuk MRT anda harus liat lagi peta nya karena berbeda.


tiket bts dan rute di bangko 
Tiket untuk naik BTS ( transportasi Bangkok )



Tips hemat menggunakan BTS
Tentukan rute yang akan dilewatin, apakah jauh atau dekat. Kalau kira-kira jauh Dan mahal bisa gunakan bus atau taxi. Contohnya Dari asiatique kemarin kami berempat ingin menuju pratunam city, menggunakan BTS perorang dikenai biaya sekitar 40 baht, karena ber4 total jadi 160 baht. Dan kami harus naik bus ferry lagi Dari dermaga asiatique menuju dermaga sathorn pier lalu naik ke BTS saphan taxin dan menuju BTS -ratchatewi, buang waktu sekali Dan lebih mahal dan tidak hemat plus capek, karena dari BTS Ratchathewi kami .harus jalan kaki lagi sekitar 800m ke pratunam. Akhirnya kami pilih menggunakan taxi, hanya sekitar 120 baht, lebih murah, hemat, cepat dan langsung diantar sampai  ke depan pratunam, benar-benar sesuai budget, apalgi buat turis backpakeran. Itu salah satu contoh tips dan trik hemat menggunakan BTS, jadi anda harus tau situasinya kapan harus pakai Bus, BTS, MRT ataupun yang lainnya ya, sehingga liburan pun tetap hemat dan sesuai budget, kan lumayan bisa oleh-oleh lebih, hehe. Baiklah semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang belum tahu cara menggunakan BTS di kota bangkok (Thailand).

OK keep travel dan ayok melalak :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »